Rab. Okt 5th, 2022

MALANG – Warga masyarakat Dusun Maduarjo Desa Babadan Kecamatan Ngajum gelar tradisi Bersih Desa, Rabu (13/07/2022)

Bersih Desa di Dusun Maduarjo merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan secara turun temurun.

Warga masyarakat Dusun Maduarjo dari berbagai element berbondong-bondong meramaikan agenda bersih desa, mulai dari anak -anak, remaja, hingga orang tua tumpah ruah ikut serta memeriahkan acara tersebut.

Dengan menggunakan pakaian adat, kegiatan ini dilaksanakan secara meriah sejak pukul 09.00 Pagi. Acara diawali dengan arak-arakan gunungan hasil pertanian, dilanjutkan doa’ bersama dimakam sesepuh desa, kemudian diakhiri acara kirab budaya dengan iringan sound system.

Menurut Sa’i salah satu tokoh masyarakat dusun maduarjo, menerangakan bahwa tradisi bersih dusun ini bertujuan untuk mengajak pemuda-pemudi untuk mengenang jasa leluhur desa.

“Jadi kami sebagai sesepuh dusun sini dengan harapan kami itu mengajak warga semuanya terutama teman-teman muda-mudi ini harus kita lakukan untuk mengenang jasa para leluhur sini,”Upkap Sa’i.

Selain itu Sa’i mengungkapkan harapanya kepada generasi muda untuk tetap melestarikan tradisi ini seperti yang dilakukan generasi tua generasi tua.

“Karena nanti setelah generasi yang tua – tua ini sudah tidak mampu siapa yang akan menjalankan tradisi ini, maka dari itu tradisi ini harus kita lestarikan.” Pungkasnya.

Ditemui disela-sela kegiatan salah satu mahasiswa Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang, Agung Aries Wicaksono berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk mengenalkan serta melestarikan tradisi yang ada di Dusun Maduarjo.

“Bagus mas tradisi ini, jadi dengan adanya tradisi bersih dusun ini kami jadi tahu bagaimana adat atau kultur budayanya warga dusun maduarjo,” Jelasnya

Agung menambahkan tradisi ini menjadi wujud cinta masyarakat terhadap budaya leluhur.

“Tradisi bisa dibilang sebagai bentuk rasa cinta masyarakat terhadap alamnya, terhadap kultur budayanya, dan juga hasil panennya,” tuturnya.

Agung juga mengharapkan kegiatan ini akan semakin dikenal masyarakat luas, tidak hanya masyarakat sekitar tapi juga warga luar daerah.

“Ya, harapan kedepannya mudah – mudahan acara ini semakin rame dan dapat dikenal masyarakat luar daerah.” Pungkasnya.

Pewarta : Aries

Editor    : Badrus Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.