Rab. Okt 5th, 2022

NGASEM – Warga Dusun Pabrikan Desa Ngasem menggelar acara syukuran dengan mengadakan pagelaran Tari Jaranan Turonggo Agung Budoyo dari Desa Ngadilangkung Kepanjen pada Minggu, (24/07/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud syukur masyarakat setelah adanya perbaikan jalan sepanjang 500m yang ada di Dusun Pabrikan Desa Ngasem. Warga Desa Ngasem menyambut adanya program tersebut, mengingat kondisi jalan yang sudah lama rusak kini sudah diperbaiki dengan rabat beton atau Jalan cor.

Tampak hadir dan berbaur bersama masyarakat Desa Ngasem dalam kegiatan ini kelompok mahasiswa KKN-T dari Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang, yang sedang menajalan program KKN di desa Ngasem. Acara Pagelaran tari jaranan ini sendiri dilaksanakan mulai pukul 8 malam hingga pukul 3 dini hari.

Menurut Riza wakil ketua kelompok KKN-T UNIRA , Kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat, utamanya setelah beberapa tahun tidak bisa melaksanakan kegiatan yang mengundang keramaian akibat wabah covid-19 yang melanda beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini bagus, ya hitung-hitung sebagai hiburan warga masyarakat buat merefresh otak setelah lama ndak ada kegiatan hiburan,” ujar Riza.

Pagelaran Seni Jaranan Turonggo Agung Budoyo di Desa Ngasem, Kec. Ngajum

Hal yang sama juga disampaikan oleh Laila selaku masyarakat desa Pabrikan bahwa manfaat dari diadakanya pagelaran tarian Jaranan ini selain sebagai wujud rasa syukur masyarakat juga sebagai hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat.

“Kegiatan ini bagus banget, selain sebagai ucapan syukur warga juga jadi hiburan buat masyarakat yang lama ndak ada kegiatan hiburan setelah adanya pandemi” Tutur Laila.

Laila juga mengatakan bahwasanya kegiatan ini menunjukkan karakter kebersamaan, karena untuk melaksanakan kegiatan tersebut perlu kerjasama dari seluruh elemen masyarakat agar kegiatan bisa dilaksanakan dengan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa berjalan lancar, ini semua berkat kerjasama semua element masyarakat yang saling bahu membahu menyukseskan terselenggaranya acara ini.” Pungkasnya.

Menurut Hajar Salah satu penonton yang turut serta meramaikan kegiatan tersebut, selain sebagai ajang hiburan acara ini juga memicu perputaran roda ekonomi, mengingat setiap ada keramaian disitu pasti banyak pedangan yang juga turut meramaikan dengan menggelar daganganya.

“Acaranya menghibur, hal ini juga bisa menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang, dengan begitu secara otomatis memfasilitasi perpuratan ekonomi yang sempet lesu.” Katanya.

Di tempat yang sama juga tersedia permainan anak-anak yang bisa disewa bagi penonton yang membawa putra-putrinya untuk turut serta meramaikan pagelaran tersebut. (*)

 

Pewarta           : Navratus Lailatul M.

Editor              : Badrus Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.