Rab. Okt 5th, 2022

Malang – Mahasiswa KKN-T kelompok 7 Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang menggelar kegiatan pelatihan Digitalisasi Pemerintahan Desa, dengan mengusung tema “Membangun Desa Melalui Perkembangan Teknologi” bertempat di balai Desa Ngasem, Kec. Ngajum Rabu (20/07/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan ini antara lain Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten, Malang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unira Malang, Perangkat Desa Ngasem, tokoh masyarakat, RT, RW serta Organisasi Masyarakat setempat

Kegiatan di mulai pada pukul 09:00 WIB, acara tersebut terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama dengan materi Tata Kelola Pemrintah Desa yang disampaikan oleh Narasumber dari DPMD serta di lanjut sesi kedua dengan materi Desa Digital yang disampaikan oleh Aris pemateri dari Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Malang.

Program pelatihan ini dibuka oleh perwakilan dari LPPM Unira Malang Eko Yusuf Wahyudi. Dalam sambutanya Eko menyampaikan bahwa program digitalisasi ini diharapkan akan membantu desa dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

“Saya kira dengan digitalisasi akan mempermudah desa dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Tujuan dari pelatihan ini sendiri, untuk membantu desa dalam menghadapi perkembangan teknologi. Salah satu kegiatannya  berupa membantu mengaktifkan kembali website desa tersebut untuk mendukung sistem pelayanan pemerintahan desa yang berbasis  digital.

Disisi lain Aris selaku narasumber dari KOMINFO mengharapakan program ini bisa menjembatani lahirnya inovasi pelayanan desa berbasis digital guna mengembangkan potensi yang ada di desa.

“Karena pelayanan masyarakat yang terbatas sehingga di harapkan kedepannya bisa membuat inovasi pelayanan digital agar dapat mengembangkan potensi desa”. Ucapnya

Program Pelatihan Digitalisasi Pemerintahan Desa Kerjasama, DPMD, KOMINFO, dan UNIRA MALANG

 

Selain itu Nadif selaku sekretaris desa ngasem menyampaikan bahwasanya program ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kapasitas perangkat desa.

“Sangat bagus sekali diadakan acara seperti ini karna sangat membantu dalam meningkatkan kapasitas perangkat desa”. Katanya.

Nadif juga menambahkan bahwa dalam dua tahun terakhir belum diadakan lagi pelatihan seperti ini, oleh karena itu harapan kedepannya desa bisa mengaplikasikannya demi kemajuan desa.

“Sudah lama ndak ada pelatihan seperti ini, semoga dengan adanya pelatihan ini bisa membantu kemajuan desa”. Tambahnya

Masih menurut Nadif, Program ini juga di harapkan menjadi wawasan baru bagi mahasiswa yang sedang KKN agar bisa dikembangkan ketika kembali kedaerah masing.masing.

“Tak hanya itu beliau juga mengharapakan agar mahasiswa KKN -T kelompok 7 juga bisa mengembangkannya di daerah masing-masing” Pungkasnya

Di temui disela-sela kegiatn, Alif salah satu mahasiswa KKN-T Unira, menyampaikan harapanya bahwa program pelatihan desa digital bisa membantu proses pelayanan pemerintah desa, terutama dalam pelayanan masyarakata berbasis informasi digital.

“Semoga program pelatihan ini bisa membantu pemerintahan desa dalam mengaplikasikan informasi digital dalam pelayanan pemerintahan, sehingga dapat memberikan info kepada publik serta dapat mengembangkan website desa sesuai kebutuhan dalam melayani masyaraat.” Tuturnya

 

Penulis : Afrila Leuwerun

Editor  : Badrus Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.