Rab. Okt 5th, 2022

Sejarah

Berdasarkan SK Rektor Nomor 188/E/O/2014 Program Studi Ilmu Pemerintahan Unira Malang berdiri sejak 8 Juli 2014. Pada masa awal berdirinya, Program Studi Ilmu Pemerintahan bernaung dalam Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) bersama dengan Program Studi Manajemen.

Di penghujung tahun 2017 tepatnya tanggal 21-23 November Program Studi Ilmu Pemerintahan melaksanakan proses visitasi akreditasi program studi dimana kemudian berdasarkan Keputusan BAN-PT No 308/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018 ditetapkan akreditasi C untuk Program Studi Ilmu Pemerintahan Unira Malang. Hasil tersebut tentu sudah dapat dibilang memuaskan mengingat usia program studi yang masih baru 2 tahun saat akreditasi, namun sudah bisa langsung mendapat hasil yang baik. Tentu ke depan, Program Studi Ilmu Pemerintahan tidak hanya berpuas diri pada nilai tersebut, namun akan terus ada upaya peningkatan kualitas akademik, kualitas pengajaran, kualitas pelayanan dan sebagainya. Peningkatan kualitas tersebut tentu dapat diraih jika seluruh elemen program studi baik dari tenaga pengajar, staff hingga mahasiswa dapat saling berkolaborasi meningkatkan mutu dan kualitas dibidangnya masing-masing.

Pertengahan tahun 2020 menjadi babak baru bagi Program Studi Ilmu Pemerintahan Unira Malang, karena pada bulan Juni 2020 terjadi perubahan struktur melalui SK Rektor No. 37/SK/RRR/VI/2020 tentang Perubahan Fakultas dan Program Studi di Lingkungan Universitas Islam Raden Rahmat Malang tepatnya disahkan pada tanggal 8 Juni 2020, Program Studi Ilmu Pemerintahan secara resmi bernaung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bersama dengan Program Studi Psikologi. Payung baru FISIP tentu memberikan warna baru dimana Program Studi Ilmu Pemerintahan semakin percaya diri dalam menunjukkan identitas dan kualitas keilmuannya.