Rab. Okt 5th, 2022

NGAJUM- Tahlilan merupakan salah satu tradisi yang berkembang pada masyarakat Indonesia, tidak terkecuali didesa Ngasem.
Tradisi berkirim do’a merupakan satu satu ritual adat yang berkembang pada masyarakat jawa.

Kini tradisi kirim do’a kental dengan nilai-nilai Islam, hal ini dikarenakan kegiatan yang mulanya hanya dalam bentuk sesajen, kini diisi kegiatan pembacaan ayat suci al-qur’an dan kirim do’a, dan juga berbagi makanan sebagai bentuk sedekah untuk sesama.

Salah satu program kerja dari Kelompok Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang adalah kegiatan Tahlil yang di adakan pada hari Kamis, (04/08/2022).

Kegiatan dimulai pukul 18:30 dengan agenda pembacaan surah Yasin dan Tahlil dengan melibatkan warga masyarakat sekitar posko KKN. Tampak hadir warga masyarakat sekitar posko KKN yang ada di desa Ngasem, dari berbagai kalangan usia baik orang tua, anak-anak, sampai remaja.

Kegiatan tahlil yang diselenggarakan mahasiswa KKN-T di desa ngasem bersama warga

Tampak hadir warga masyarakat sekitar posko KKN yang ada di desa Ngasem, dari berbagai kalangan usia baik orang tua, anak-anak, sampai remaja.

Menurut Romdloni ketua kelompok 07 KKN-7 UNIRA Malang menyatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan melestarikan tradisi guna kirim do’a kepada sanak family serta leluhur yang mendahului kita.

“Salah satu program kerja kami tidak lain adalah kegiatan rutin pembacaan tahlil dengan tujuan berkirim do’a untuk sanak family dan luluhur kita.” Ungkap Romdloni.

Romdloni juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat terus memupuk tali silaturahmi dengan warga sekitar, meski sudah selesai melaksanakan masa bakti KKN.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini, kami bisa lebih dekat lagi serta tetap menajalin komunikasi yang baik dengan warga sekitar, mengingat masa bakti KKN yang akan segera berakhir.” Sambung Romdloni (*)

By admin

Jendela Informasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Radem Rahmat Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.